PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD INPRES 7/83 PASEMPE KABUPATEN BONE

Nurfaizah A.P., Nurfaizah A.P. and Amir, A. Endang Kusuma (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD INPRES 7/83 PASEMPE KABUPATEN BONE. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2 (2). pp. 53-57. ISSN 2597-4424

[img] Text
jurnal PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf

Download (389kB)
[img] Text
peer reviewer penerapan model pembelajaran kooperatif.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JIKAP

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 7/83 Pasempe Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan hasil belajar IPS. Setting penelitian dilaksanakan di SD Inpres 7/83 Pasempe dan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi Teknik analisis data adalah kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kriteria sedang, pada siklus II berada pada kriteria tinggi Hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus karena terjadi perbaikan proses belajar pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Inpres 7/83 Pasempe Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil belajar
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:57
Last Modified: 17 Dec 2020 04:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item