Implementasi Program Adiwiyata terhadap pengembangan kepedulian lingkungan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang

Fadilla, Nur Ainun (2020) Implementasi Program Adiwiyata terhadap pengembangan kepedulian lingkungan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal_NUR_AINUN_FADILLA,_S.Pd.pdf

Download (586kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan program adiwiyata terhadap pengembangan kepeduli lingkungan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. (2) Kendala dalam pelaksanaan program adiwiyata terhadap pengembangan kepedulian lingkungan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan motede kualitatif dengan pendekatan deskriktif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber Datanya Kepala Madrasah, ketua tim adiwiyta, anggota tim adiwiyata, guru dan peserta didik. Analisis data di lakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang yang meliputi kebijakan berbasis lingkungan telah terlaksana secara efektif dilihat dari visi dan misi, rancangan kurikulum dan tata tertib aka tetapi masih ada beberapa peserta didik yang melanggar tata tertip. Pelaksanaan dari kurikulum berbasis lingkungan telah terlaksanan secara efektif dengan di ajarkanya terkait kepedulian lingkungan dalam setiap mata pelajaran. Pelaksanaan dari kegiatan lingkungan yang berbasis partisipasi telah terlaksana secara optimal di lihat dari kegiatankegiantan yang terkait kepedulia lingkungan demikian pula Pelaksanaan dari pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan telah terlaksana dengan baik di lihat dari sarana dan prasarana yang memadahi, pemamfaata sarana dan perawatanya. 2) Kendala dalam pelaksanaan Program adiwiyata yaitu Dana atau biaya, Waktu pelaksanaan program, Pihak yang tidak bisa di ajak kerjasama, Guru kesulitan membuat RPP, Makanan yang berbahan kimia\bungkus plastik sulit di hindarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:59
Last Modified: 14 Mar 2022 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item