Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Di SMK Negeri 10 Makassar

NURMUTAHARAH, NURMUTAHARAH (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Di SMK Negeri 10 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL ARA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Gambar Teknik di SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) sebagai kelas eksperimen dan kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperiman diberikan metode pembelajaran make a match dan untuk kelas kontrol metode konvensional (ceramah). Penelitian ini dilakukan pada semester gasal pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X yang dimana jumlah siswa dalam penelitian ini sebayak 50 siswa, 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Hasil analisis perbedaan rata-rata yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran Gambar Teknik pada siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dan kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 10 Makassar. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran make a match sangat efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara lebih maksimal. Kata kunci : make a match, Gambar Teknik, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:39
Last Modified: 10 Sep 2020 04:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item View Item