PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KELAS B MAKASSAR DAN KELAS D PAREPARE PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA MATA KULIAH PRAKTEK MUSIK TRADISIONAL SULSEL (KOMPARASI)

ZUL THAHRIM, MUHAMMAD (2020) PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KELAS B MAKASSAR DAN KELAS D PAREPARE PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA MATA KULIAH PRAKTEK MUSIK TRADISIONAL SULSEL (KOMPARASI). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL LENGKAP.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang (1) Bagaimana proses pembelajaran musik tradisional Sulsel mahasiswa kelas B Makassar dan kelas D Parepare (2) Bagaimana prestasi belajar mahasiswa Kelas B Makassar dan kelas D Parepare pada mata kuliah musik tradisional Sulsel. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pembelajaran musik tradisional sulsel mahasiswa kelas B Makassar dan kelas D Parepare (2) Mengetahui prestasi belajar mahasiswa kelas B Makassar dan kelas D. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi dengan desain studi komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masiswa prodi sendratasik kelas B Makassar dan kelas D Parepare angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan kuantitatif dengan desain comparation terhadap 46 sampel penelitian, yang merupakan mahasiswa Kelas B Makassar dan Kelas D Parepare tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan adalah analisi statistik deskriptif dan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses belajar Mahasiswa kelas B Makassar dan kelas D parepare pada mata kuliah praktek musik tradisional sulsel berjalan dengan baik sesuai sesuai dengan standar yang ada dalam rancangan pembelajaran. (2) Prestasi belajar mahasiswa kelas B makassar pada mata kuliah praktek musik tradisional sulsel lebih tinggi. Sedangkan prestasi belajar yang diperoleh mahasiswa kelas D parepare lebih renda dibanding prestasi yang diperoleh kelas B makassar. Kata Kunci : Proses pembelajaran dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:44
Last Modified: 25 Jun 2020 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17714

Actions (login required)

View Item View Item