PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI KRIYA KAYU MOTIF KEARIFAN LOKAL (UKIRAN TORAJA) UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 GOWA

Pangari, Taslim (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI KRIYA KAYU MOTIF KEARIFAN LOKAL (UKIRAN TORAJA) UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Pembelajaran Seni Kriya Kayu Motif Kearifan Lokal (Ukiran Toraja) Untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Gowa sebagai media pembelajaran pada Jurusan Kriya Kayu yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian Thiagarajan Research and Development model 4D. Objek penelitian adalah modul pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Responden penelitian terdiri dari kelompok kecil. Instrumen penelitian terdiri atas angket untuk ahli materi dan media. Analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pengembangan modul pembelajaran dimulai dari define, desain, development sampai dengan revisi tahap akhir serta melalui proses validasi, baik oleh ahli media dan ahli materi. Kepraktisan diukur melalui angket yang diisi oleh ahli media, ahli materi, dinyatakan sangat praktis untuk digunakan. Dengan demikian modul pembelajaran sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 3 Gowa. Kata Kunci : Pembelajaran, Pengembangan, Modul Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2020 00:37
Last Modified: 18 Mar 2020 00:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item View Item