Pembelajaran Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kejuruan Berbasis E Learning (Pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar)

Jalaludin, Jalaludin (2020) Pembelajaran Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kejuruan Berbasis E Learning (Pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL Jalaludin_1523040015.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar strategi pembelajaran kejuruan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2017 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan peneitian Quasi Eksperimen bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 orang mahasiswa kelas 1 sebagai kelas eksperimen dan 13 orang mahasiswa kelas 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial nonparametrik dengan uji Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar sebelum diberi perlakuan pada kelompok eksperimen terdapat 15 (68%) mahasiswa yang tuntas dan 7 (32%) mahasiswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata adalah 67,14; (2) Hasil belajar setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen terdapat 19 (86%) mahasiswa yang tuntas dan 3 (14%) mahasiswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata adalah 76,36; dan (3) Penggunaan media pembelajaran e-learning berpengaruh meningkatkan hasil belajar strategi pembelajaran kejuruan mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2017 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,02 lebih kecil dengan taraf kesalahan a sebesar 5% atau 0,05 yang berarti bahwa Ho tidak terjadi atau ditolak dan Ha diterima. Pengaruh penggunaan media ini adalah positif atau meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan besar peningkatan 7,46 (7,46%). Kata Kunci: Media Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Mar 2020 01:13
Last Modified: 05 Mar 2020 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17375

Actions (login required)

View Item View Item