Kemampuan Siswa Kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar Dalam Berkarya Grafis dengan Teknik Cetak Tinggi Menggunakan Wortel pada Mata Pelajaran Seni Rupa.

Hamka, Haerun Nisaa (2017) Kemampuan Siswa Kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar Dalam Berkarya Grafis dengan Teknik Cetak Tinggi Menggunakan Wortel pada Mata Pelajaran Seni Rupa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
HAERUN NISA HAMKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Haerun Nisaa Hamka, 2017. Kemampuan Siswa Kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar Dalam Berkarya Grafis dengan Teknik Cetak Tinggi Menggunakan Wortel pada Mata Pelajaran Seni Rupa. Skripsi: Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar dalam berkarya seni grafis teknik cetak tinggi pada bahan wortel, dan faktor kesulitan siswa kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar dalam berkarya seni grafis teknik cetak tinggi pada bahan wortel. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu data yang diperoleh memberikan gambaran berupa angka-angka kemudian dideskripsikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar dengan jumlah siswa keseluruhan 36 siswa dari 2 kelas, dan sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa dengan menggunakan teknik sampel total. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berkarya seni grafis teknik cetak tinggi siswa kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar adalah cukup dilihat dari nilai akhir dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 79,15 dengan rata-rata nilai pada setiap aspek/kriteria komposisi yaitu 79,56, aspek kreativitas 78,22, dan aspek kerapian 79,61. (2) terdapat enam faktor kesulitan siswa kelas X SMA YP PGRI 3 Makassar dalam berkarya seni grafis teknik cetak tinggi yaitu: (1) waktu yang sedikit; (2) alat dan bahan; (3) ide/desain gambar; (4) kurang berbakat; (5) motivasi yang kurang; dan (6) minat yang kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:05
Last Modified: 06 Feb 2020 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16816

Actions (login required)

View Item View Item