PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 12 SINJAI SELATAN

Nuraeni, Nuraeni (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 12 SINJAI SELATAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURAENI.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nuraeni. 2019. Penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 12 Sinjai Selatan. Pembimbing 1 oleh Dr. Muhammad Rakib, S.Pd.,M.Si dan pembimbing II oleh Dr. Agus Syam, S.Pd.,M.Si. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini secara umum yaitu mendapatkan gambaran tentang aktivitas pendidik, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran ekonomi pada standar kompetensi memahami ketenagakerjaan dan juga untuk mendapatkan gambaran tentang respon siswa terhadap Model pembelajaran kooperatif group investigation. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 12 Sinjai yang berjumlah sebanyak 24 orang siswa, yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II 3 kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:21
Last Modified: 04 Dec 2019 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16061

Actions (login required)

View Item View Item