PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BUS RAPID TRANSIT (BRT) MAKASSAR

Kadir, Asrianti (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BUS RAPID TRANSIT (BRT) MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Asrianti Kadir.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asrianti Kadir,2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bus Rapid Transit (BRT) Makassar. Skripsi mahasiswa program studi Manajemen, fakultas ekonomi, universitas negeri Makassar dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amiruddin Tawe, M.S dan Muh. Ichwan Musa., SE., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bus rapid transit (BRT) Makassar.variabel penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung (tangibles) (X1) , keandalan (reliability) (X2), daya tanggap (responsiveness) (X3), jaminan (assurance) (X4), empati (empathy) (X5), dan kepuasan (Y). populasi dalam penelitian ini adalah jumlah rata-rata penumpang BRT per hari sebanyak 1061 porang, adapun sampel penelitian sebanyak 105 orang. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak computer SPSS 21 (Statistical Package for Social Science 21) for windows. Hasil penelitian ini mengacu pada pada hasil pengolahan data kuesioner menunjukkan bahwa kualitas pelayananmemiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan terjadih pengaruh secara simultan dan signifikan antarari variabel X dan Y dimana jumlah sebesar F hitungnya lebih besar dari F tabel. Sementara untuk uji t diperoleh hasil bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial adalah variabel jaminan (X3) dan variabel empati (X5) sedangkan nilai variabel lainnya tidak terjadih pengaruh yang signifikan. Kata kunci : bukti langsung, daya tanggap, empati, jaminan, keandalan, kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:26
Last Modified: 18 Nov 2019 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item View Item