PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 MAKASSAR

ADAWIAH, RABIATUL (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rabiatul Adawiah, 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Makassar. Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Arsyad dan Muhammad Tawil). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik, menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik dan menganalisis sikap ilmiah peserta didik setelah penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Makassar Prosedur pengembangan yang digunakan adalah adaptasi model 4-D dari Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Lembar kerja peserta didik berbasis saintifik divalidasi oleh dua orang pakar dan dianalisis Gregory diperoleh relevansi kuat-kuat yang berarti bahwa lembar kerja peserta didik berbasis saintifik telah dinilai baik oleh validator dan dapat digunakan. Persentase respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis saintifik meliputi 68,57% berada pada kategori sangat positif dan 31,43% berada pada kategori positif. Sikap ilmiah peserta didik setelah penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik yaitu 54,29% berada pada kategori sangat positif dan 34,29% berada pada kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar kerja peserta didik berbasis saintifik yang telah divalidasi oleh ahli berada dalam kategori valid yang ditunjukkan dengan tingkat konsistensi internal R>75 sehingga dapat dikatakan valid. Respon peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berada pada kategori sangat positif. Sikap ilmiah peserta didik setelah penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik berada pada kategori sangat positif. Kata Kunci : Saintifik, Sikap Ilmiah, Lembar Kerja Peserta Didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:16
Last Modified: 29 Oct 2019 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item