STUDI KOMPARATIF SIKAP KEWIRAUSAHAAN ANTARA ETNIS TIONGHOA DAN ETNIS PRIBUMI DI KOTA MAKASSAR (Studi Pada Pengusaha Ritel Tradisional di Kecamatan Mamajang dan Kecamatan Wajo Kota Makassar)

Fadhil, Ardio (2019) STUDI KOMPARATIF SIKAP KEWIRAUSAHAAN ANTARA ETNIS TIONGHOA DAN ETNIS PRIBUMI DI KOTA MAKASSAR (Studi Pada Pengusaha Ritel Tradisional di Kecamatan Mamajang dan Kecamatan Wajo Kota Makassar). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ardio Fadhil. 2019. “Studi Komparatif Sikap Kewirausahaan Antara Etnis Tionghoa dan Etnis Pribumi di Kota Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Syam, S.Pd.,M.Si dan Bapak Dr. Muhammad Rakib,S.Pd.,M.Si, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah komparasional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap kewirausahaan antara wirausaha etnis Tionghoa dan wirausaha etnis Pribumi di Kecamatan Mamajang dan Kecamatan Wajo kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wirausaha etnis Tionghoa dan wirausaha etnis Pribumi yang ada di kecamatan Mamajang dan Kecamatan Wajo, dengan sampel penelitian sebanyak 60 wirausaha yang dibagi menjadi dua yaitu 30 wirausaha dari etnis Tionghoa dan 30 wirausaha dari etnis Pribumi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (T-test). Hasil uji perbedaan menggunakan teknik uji t diperoleh nilai t = 3,481 dengan nilai signifikansi atau p = 0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap kewirausahaan antara etnis tionghoa dan etnis pribumi di kecamatan mamajang dan kecamatan wajo kota makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wirausaha etnis tionghoa lebih tinggi sikap wirausahanya dari wirausaha etnis pribumi. Pengujian pada masing-masing aspek ditemukan adanya perbedaan dalam aspek disiplin dan mandiri dengan etnis tionghoa memiliki skor yang lebih tinggi dibanding etnis pribumi sedangkan dalam aspek komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif dan realistis tidak ditemukan adanya perbedaan. Kata Kunci : Sikap Kewirausahaan, Etnis Tionghoa dan Etnis Pribumi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:08
Last Modified: 02 Oct 2019 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item