PENINGKATAN KOMPETENSI PRAKTIK MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 WATANG PULU

Dahlan, Muhammad Ichsan (2019) PENINGKATAN KOMPETENSI PRAKTIK MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 WATANG PULU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI MUHAMMAD ICHSAN DAHLAN 1223041017.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ichsan Dahlan. Peningkatan Kompetensi Praktik Mata Pelajaran Sistem Pengapian Siswa Kelas XI Teknik Kendaran Ringan SMK Negeri 1 Watang Pulu. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. 2019. Muhammad Yahya & Syafiuddin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang bertujuan meningkatkan kompetensi praktik mata pelajaran sistem pengapian pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Watang Pulu. Subjek penelitian berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap 1 siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II , (1) siswa yang tepat waktu mengikuti pelajaran meningkat sebesar 7,13%, (2) siswa yang menjawab pertanyaan meningkat sebesar 1,98%, (3) mengajukan pertanyaan meningkat sebesar 3,15% (4) mengumpulkan tugas tepat waktu meningkat sebesar 5,95%, (5) melakukan kegiatan lain-lain pada saat proses belajar mengajar berlangsung sepertiribut dan main-main berkurang sebesar 25,39%, (6) mencatat materi pelajaran/membuat resume meningkat sebesar 29,37%, (7) siswa yang terlambat mengikuti pelajaran berkurang sebesar 8,06%. Sebelum adanya penerapan model pembelajaran berbasis masalah nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 56,90, tetapi setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah nilai rata-rata siswa menjadi 72,57 pada siklus I dan 79,00 pada siklus II. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 15,67 dari tes awal ke siklus I dan 6,43 dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan hasil penelitian bahwa dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat Meningkatkan Kompetensi Praktik Mata Pelajaran Sistem Pengapian Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Watang Pulu. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Kompetensi Praktik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:07
Last Modified: 16 Sep 2019 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item View Item