PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN 4 ON 4 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CAMBA KABUPATEN MAROS

Haris, Ikhsan (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN 4 ON 4 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CAMBA KABUPATEN MAROS. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal PDF.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ikhsan Haris, 2019. Penggunaan Model Pembelajaran 4 on 4 Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Camba Kabupaten Maros. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Hj.Hasmyati dan H. Andi Suyuti). Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian " Penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research )". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; untuk mengetahui permainan 4 on 4 dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Camba Kabupaten Maros. Penelitian Tindakan Kelas meliputi 2 siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Populasinya adalah keseluruhan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Camba Kabupaten Maros. Sampel yang digunakan adalah siswa X IS 2 sebanyak 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; siklus II sebanyak 22 siswa atau 70,97% telah tuntas belajar dibandingkan data nilai siklus I 8 siswa atau 25,81%, dan siklus II sebanyak 9 siswa atau 29,03% belum tuntas belajar dibandingkan data nilai siklus I, 23 siswa atau 74,19%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 70% siswa mempunyai ketuntasan belajar minimal pada kategori tuntas belajar. Data yang diperoleh sebelum dan setelah dilaksanakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterampilan gerak siswa. Sebelum diterapkannya modifikasi media pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan materi passing bawah melalui permainan 4 on 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:00
Last Modified: 05 Sep 2019 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item