PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X AK-1 DI SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR

Tang, Helmi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X AK-1 DI SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL HELMI TANG S,Pd.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X SMK YPLP PGRI 1 Makassar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didesain dalam siklus yaitu siklus I dan II, dengan alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian pada kelas X AK-1 SMK YPLP PGRI 1 Makassar yang berjumlah 30 orang.Data diperoleh melalui observasi, pemberian tes tertulis, dan dokumentasi.Untuk analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui a) penerapan model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X AK-1 SMK YPLP PGRI 1 Makassar dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam setiap siklus diberikan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama pemberian materi, pertemuan kedua pembagian anggota kelompok kemudian membuat pertanyaan yang akan dikuiskan, dan pertemuan ketiga lanjutan dari perrtemuan sebelumnya dan di akhiri pengadaan post test, dan b)pada siklus I dan diperoleh ketuntasan secara klasikal sebesar 60 persen ( 11 dari 30 peserta didik), dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas dengan persentase 40 persen (19 dari 30 peserta didik), kemudian pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 76,66 persen ( 23 dari 30 peserta didik), dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas sebesar 23,33 ( 7 dari 30 peserta didik), hal ini menunjukkan hasil belajar peserta didik meningkat dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, quantum teaching, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik elektro
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2019 05:20
Last Modified: 05 Sep 2019 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item View Item