KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA BUGIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Yunus, Nur Fadila (2019) KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA BUGIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Nur Fadila Yunus.pdf

Download (160kB)

Abstract

``ABSTRAK ”Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Bugis dengan Menggunakan Media Gambar oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lilirilau Kabupaten Soppeng”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Syamsudduha, M. Hum, dan Dr. Andi Agussalim Aj., M.Hum). Penelitian ini bertujuan mendekripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi bahasa Bugis dengan menggunakan media gambar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII yang berjumlah 25 orang siswa. Dalam penelitian ini ditetapkan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa. Pengambilan sampel digunakan sampel total, karena keadaan populasi yang cukup kecil dan jumlah subjek penelitian kurang dari 100. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini digunakan tes sebagai instrumen penelitian, tes yang diujikan kepada siswa berupa tes menulis karangan deskripsi dalam bahasa Bugis yang telah ditetapkan oleh peneliti, data yang telah dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang dijadikan sampel hanya 4 siswa yang mendapat nilai di atas 80, dan jumlah siswa yang mendapat nilai di bawah 80 ada 21 orang siswa dari jumlah keseluruhan 25 siswa. Dengan demikian, disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lilirilau Kabupaten Soppeng tidak mampu menulis karangan deskripsi bahasa Bugis dengan menggunakan media gambar. Hal itu disebabkan ketidakmampuan siswa dalam memahami isi cerita dan terbatasnya kosakata siswa sehingga tidak mampu menjelaskan isi pikiran dan pendapatnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:04
Last Modified: 23 Aug 2019 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14643

Actions (login required)

View Item View Item