Savitriani, Sugiana (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLABASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI IPA 2 PUTERI SMA ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
03. JURNAL-SUGIANA SAVITRIANI-1231040064-FIK UNM.pdf Download (535kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas XI IPA-2 Puteri SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklus. Penelitian ini selesai dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Puteri SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswi. Data penelitian ini diperoleh melalui tes keterampilan dan kemampuan dribble bola basket, pengamatan, dan tes tertulis. Data tersebut merupakan hasil belajar dribble bola basket yang meliputi aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket siswa kelas XI IPA-2 Puteri SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pendekatan bermain, dribble bola basket
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 02:32 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14565 |
Actions (login required)
View Item |