ASRIANTI S, ANDI (2019) PERAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS DI SMU PGRI 2 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
Jurnal Andi Asrianti S.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran keluarga dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMU PGRI 2 Tamalate Makassar. 2) Faktor penghambat keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS PGRI 2 Tamalate Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu orangtua siswa kelas XI IPS di SMU PGRI 2 Tamalate Makassar, dan orangtua siswa yang anaknya memiliki nilai hasil belajarnya tinggi. Jumlah informan sebanyak 9 orangtua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tingkatan kondensasi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran keluarga dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMU PGRI 2 Tamalate Makassar adalah a) memberikan apresiasi terhadap hasil belajar anak, b) sebagai pembimbing, c) komunikasi yang demokratis, dan d) memenuhi perlengkapan fasilitas belajar anak, dan e) memberikan perhatian/pengawasan dari orangtua untuk anak. 2) Faktor yang penghambat keluarga terhadap hasil siswa kelas XI IPS di SMU PGRI 2 Tamalate Makassar adalah a) suasana keluarga yang kurang harmonis, b) kondisi ekonomi yang melemah, dan c) pendidikan orangtua rendah Kata Kunci: Peran keluarga, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 01:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 01:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14345 |
Actions (login required)
View Item |