PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MULTIMEDIA DIGITAL CREATIVE PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM

SAFRIJAL, SAFRIJAL (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MULTIMEDIA DIGITAL CREATIVE PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SAFRIJAL. 2019, Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Multimedia Digital Creative pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Supriadi dan Saliruddin). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan perangkat (Silabus, RPS, Kontrak Kuliah, dan Buku Ajar) pembelajaran pada mata kuliah Multimedia Digital Creative di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika di Universitas Negeri Makassar, 2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat (Silabus, RPS, Kontrak Kuliah, dan Buku Ajar) pembelajaran pada mata kuliah Multimedia Digital Creative di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika di Universitas Negeri Makassar untuk mencapai kriteria kualitas yang diinginkan yaitu pada kriteria Layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran Multimedia Digital Creative dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Model Pengembangan Instruksional (MPI) terdiri dari tiga tahap, yaitu Mengidentifikasi, Mengembangkan, dan Mengevaluasi. Subjek Penelitian adalah Perangkat pembelajaran Multimedia Digital Creative (1) Silabus, (2) Kontrak Kuliah, (3) Rencana Pembelajaran Semester, (4) Buku Ajar. Sedangkan Objek Penelitian adalah Ahli Materi, Ahli Desain, dan Mahasiswa (i) semester VII Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian menurut Ahli Materi, Ahli Desain dan Respon Mahasiswa. Adapun hasil validasi ahli materi 1 mendapat persentase 90,85 % dan ahli materi 2 mendapat persentase 90,85 %, hasil validasi ahli desain 1 mendapat persentase 86,90 % dan ahli desain 2 mendapat persentase 92,61 %, dan hasil respon mahasiswa mendapat persentase 85,64 %. Berdasarkan hasil validasi dan revisi yang telah dilakukan, di tetapkan bahwa perangkat pembelajaran mata kuliah Multimedia Digital Creative yang di kembangkan layak untuk di gunakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasssar. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Bahan Ajar, Multimedia Digital Creative

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:25
Last Modified: 30 Jul 2019 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item