Buku Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah: Tinjauan Manajemen

EC00201901400 (2018) Buku Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah: Tinjauan Manajemen. 000131949.

[img]
Preview
Text
ANWAR, ET AL.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Pemasaran memang menjadi kendala banyak UMKM di Indonesia. Hal ini cukup wajar, karena masih banyak UMKM yang melakukan pengelolaan bisnisnya secara tradisional. Yaitu, cukup membuat produk baik dan tinggal menunggu konsumen datang. Hal ini tidak salah, namun tidak bisa membuat UKM memiliki daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Untuk itu, menjadi UKM berdaya saing tinggi harus dengan produk yang berkualitas, harga yang rasional, dan juga strategi pemasaran yang ampuh. Dengan strategi pemasaran yang ampuh, maka tujuan akhir sebuah perusahaan akan dapat tercapai secara optimal, yaitu memaksimalkan keuntungan perusahaan. Pada dasarnya pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan nilai tambah untuk suatu produk. Di tengah persaingan usaha yang semakin padat, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah harus punya kelebihan dibanding pesaing. Dalam pemasaran, produk UMKM harus diketahui keinginan konsumen sehingga Anda dapat menghadirkan produk yang diinginkan konsumen. Untuk itu, harus dilakukan evaluasi produk dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan produk terbaik. UMKM akan sulit berkembang jika tidak mengetahui cara memasarkan suatu produk. Salah satu hal penting yang diaplikasikan melalui strategi pemasaran adalah strategi promosi. Kesuksesan suatu UMKM adalah ketika bisa menciptakan produk yang berkualitas serta memasarkan dengan baik. Di pemasaran juga ada strategi menganalisa perilaku konsumen. Pelaku UMKM harus melakukan analisa pesaing (analisa produk, strategi marketing pesaing). Persaingan yang semakin padat menuntut UKM untuk pintar dalam berpromosi dan mendistribusikan produk. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulisan buku yang berjudul Pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah: Tinjauan Manajemen Pemasaran, perlu dilakukan untuk menyebarluasakan gagasan ilmiah terkait pemberdayaan UMKM. Buku ini merupakan hasil kajian penulis, yang bersumber dari penelitian Hibah Kompetitif Dikti.

Item Type: Patent
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 17 Jul 2019 03:51
Last Modified: 17 Jul 2019 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14152

Actions (login required)

View Item View Item