PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Melisa, Indah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3. Artikel indah melisa.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengembangan media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi Google classroom pada mata kuliah perkembangan peserta didik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan Google classroom pada mata kuliah perkembangan peserta didik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Desain pengembangan yaitu menggabungkan dua model pengembangan yang di modifikasi yakni model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yang di modifikasi menjadi 4 tahapan yaitu: tahap analysis, tahap desaign, tahap development, dan tahap evaluasi. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian untuk Ahli Media dan Mahasiswa. Adapun hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik ahli media 1 memperoleh presentase 97% di nyatakan sangat layak. Ahli media 2 memperoleh presentase sebesar 96% dinyatakan sangat layak. Hasil uji coba mahasiswa dalam uji coba satu-satu memperoleh presentase 91% dinyatakan sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 88% dinyatakan sangat layak dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 89% di nyatakan sangat layak. Dari hasil penelitian media pembelajaran perkembangan peserta didik yang dikembangkan memiliki kategori “sangat layak” untuk digunakan atau diimplementasikan dalam pembelajaran perkembangan peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Classroom dan Perkembangan Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > D3 Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2019 05:37
Last Modified: 15 Jul 2019 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item