DOMINASI PENJAJAH TERHADAP SUBALTERN DALAM NOVEL LARASATI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER (SUATU PENDEKATAN POSKOLONIAL GAYATRI C. SPIVAK)

Saputri S., Nur Fauziah (2019) DOMINASI PENJAJAH TERHADAP SUBALTERN DALAM NOVEL LARASATI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER (SUATU PENDEKATAN POSKOLONIAL GAYATRI C. SPIVAK). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
(1) ARTIKEL Nur Fauziah Saputri S. (1451141003).pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NUR FAUZIAH SAPUTRI, 2019. “Dominasi Penjajah terhadap subaltern dalam novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer (Suatu Pendekatan Poskolonial Gayatri C. Spivak)” Skripsi. Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makasssar. (Dibimbing oleh Anshari dan Faisal). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya bentuk dominasi penjajah terhadap subaltern, pengaruh yang di timbulkan dari dominasi penjajah terhadap subaltern serta bentuk-brntuk perlawanan yang dilakukan oleh subaltern kepada penjajah sebagai upaya pemertahanan hak nasionalisme bangsa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa teks yang terdapat pada novel Larasati karya Pramodya Ananta Toer. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik baca, dan catat. Analisis data dengan menganalisis bentuk bentuk dari dominasi dan pengaruh dominasi penajajah serta bentuk perlawanan subaltern yang terdapat dalam novel sehingga diuraikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, adanya dominasi penjajah terhadap subaltern dalam bentuk penindasan dan kekuasaan, yang dimiliki Bangsa Belanda yang memegang peran superior. Pengaruh dominasi penjajah terhadap subaltern dalam bentuk segi fisik dan batin (mental) yang mengakibatkan perubahan fisik dan melemahnya mental, menimbulkan ketakutan, paranoid dan rasa dendam oleh subaltern. bentuk perlawanan subaltern terhadap para penjajah dengan bentuk cacian, pemberontakan dan pertempuran. Kata kunci: novel, subaltern Gayatri C. Spivak, Poskolonial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Jul 2019 03:18
Last Modified: 05 Jul 2019 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item