Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Di SMP Negeri 27Makassar

FITRAH, MUHAMMAD NUR and Syahruddin, Syahruddin and Latuheru, Ricardo V. (2019) Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Di SMP Negeri 27Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Muh Nur Fitrah Cali Roni.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui keadaan tingkat kesegaran jasmani dan hasil belajar penjas sertakaitannya. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 27Makassar dengan jumlah sampel penelitian 40 orang siswa putra yang dipilih secara purposive sampling. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui tes dan pengukuran, tes TKJI digunakan untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani dan prestasi belajar penjas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1.Tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 27Makassar secara rata-rata berada pada kategori Baik dengan presentase 62% (25 orang). 2. Hasil belajar penjas siswa SMP Negeri 27 Makassar, dengan pujian 5 orang (12.5%), sangat memuaskan 11 orang (27.5%), memuaskan 13 orang (32.5%), kurang memuaskan 7 orang (17.5%) dan sangat kurang 4 orang (10%). Dengan demikian secara rata-rata hasil belajar penjas siswa SMP Negeri 27 Makassar berada pada kategori sangat memuaskan dengan presentase 72.5% (29 orang).3. Ada keterkaitan antara tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar penjas r = 0.888 ( P < 0.05) berarti signifikan dengan R square 0.788 atau 78% hasil belajar penjas diterangkan oleh tingkat kesegaran jasmani. Kata kunci : TKJI dan Hasil Belajar Penjas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Jul 2019 06:59
Last Modified: 01 Jul 2019 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item