PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN (Studi Kasus pada hubungan Patron Klien di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone)

Desriani, Andi Lisa (2019) PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN (Studi Kasus pada hubungan Patron Klien di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
2019 FIS - ANDI KARTIKA A.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Lisa Desriani. 2013. Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan (Studi Kasus pada hubungan Patron Klien di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone).Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi dan pola hubungan patron dan klien masyarakat nelayan di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Jenis penelitian yaitu deskriptif. Teknik penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Perubahan sosial yang terjadi di Desa Angkue dapat diukur dari pola hubungan, pola pemukiman, pola hidup dan tingkat pendidikan sedangkan perubahan ekonomi dapat diukur dari tingkat pendapatan, kondisi perumahan, perabot rumah tangga, dan kepemilikan barang tahan lama. faktor- faktor yang menyebabkan perubahan sosial ekonomi adalah ketidakpuasan terhadap pekerjaan tertentu, orientasi masa depan, nilai untuk meningkatkan taraf hidup, lingkungan hidup, tuntutan ekonomi, penentuan kebijakan dan interaksi. Pola hubungan kerja antara patron dan klien pada masyarakat nelayan di Desa Angkue seperti saling percaya antara satu sama lain, saling berinteraksi, kejujuran dan keinginan berbagi kebaikan yang dilakukan oleh punggawa-sawi, kedisiplinan pada pembagian kerja masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item