Pola AsuhOrang Tua Tunggal (Single Parent) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial Anak di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai

Nur, Rezki and Sunusi, Syamsul and Hasni, Hasni (2019) Pola AsuhOrang Tua Tunggal (Single Parent) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial Anak di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL REZKI NUR.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pola asuh orang tua tunggal (single parent) dalam menanamkan nilai-nilai sosial anak di desa Bongki Lengkese kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai sosial anak di desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan orang tua tunggal (single parent) dalam menanamkan nilai-nilai sosial anak di desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Dalam mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini didasarkan pada metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan situasi dan kondisi pola asuh orang tua tunggal (single parent)yang akan melahirkan suatu deskriptif dalam menanamkan nilai-nilai sosial anak di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan saat penelitian yaitu menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu informan orang tua tunggal (single parent) di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola asuh orang tua tunggal (single parent) di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai menggunakan dua jenis pola asuh yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. 2) Faktor-faktorpenghambat dan pendorong dalam menanamkan nilai-nilai sosial anak di desa Bongki Lengkese kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Yang pertama factor penghambatnya ada tiga yaitu faktor kesibukan, faktor ekonomi dan faktor rendahnya pendidikan orang tua. Yang kedua faktor pendorong ada dua yaitu keluarga dan lingkungan. 3) Upaya yang dilakukan orang tua tunggal (single parent) dalam menanamkan nilai-nilai sosial anak di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai yaitu komunikasi dan menciptakan iklim lingkungan yang serasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:03
Last Modified: 26 Jun 2019 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item