PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PERTIWI LETTA KABUPATEN BANTAENG

KUBRA, MASNA (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PERTIWI LETTA KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MASNA KUBRA.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran metode bercerita anak usia dini, 2) mengetahui pelaksanaan metode bercerita anak usia dini, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap peningkatan penanaman nilai moral pada anak usia dini di TK Negeri Pertiwi Letta Kab. Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang di gunakan yaitu quasi-experimental desing. Subjek penelitian adalah guru dan 15 orang anak di Kanak-Kanak Negeri Pertiwi Letta Kabupaten Bantaeng. Pengelolaan data dengan Observasi, Wawancara, kuesioner/angket, dokumentasi dan instrument penilaian yang terdiri dari lembar validasi, dan angket respon guru. Data hasil penelitian diuraikan menjadi 1) gambaran metode bercerita anak usia dini dibutuhkan suatu pembelajaran yang kreatif dan menarik yang dapat mengembangkan kemampuan pada anak berupa metode bercerita dalam pengembangan moral anak, 2) pelaksanaan penerapan metode bercerita anak usia dini dengan beberapa kegiatan yaitu memutarkan video-video kisahkisah nabi yang menampilkan karakter nilai moral yang baik pada anak sebagai bentuk kegiatan praktek langsung, kegiatan lainnya dengan memperlihatkan beberapa gambar yang sesuai dengan indikator masing-masing yakni: Prilaku jujur, prilaku benar, prilau adil dan prilaku berani 3) penerapan metode bercerita berpengaruh pada peningkatan penanaman nilai-nilai moral anak didik kelompok B TK Negeri Pertiwi Letta Kab.Bantaeng pada penanaman nilai moral anak ditinjau dari hasil prestest dan posttest yang dilakukan terdapat peningkatan penialian terhadap anak setelah perlakuan, anak mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai moral tersebut dengan baik setelah perlakuan.. Kata Kunci : Nilai Moral, Metode bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 May 2019 01:48
Last Modified: 27 May 2019 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item