PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBELAJARKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SMA DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Kurniawan, Rezki (2018) PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBELAJARKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SMA DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel Tesis - Rezki Kurniawan.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

(Problematic of Teachers in Teaching Geographic Information Systems At High School in Somba Opu District Gowa Regency) , ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bentuk pelaksanaan membelajarkan Sistem Informasi Geografis 2) Problematika guru dalam membelajarkan Sistem Informais Geografsi. 3) Strategi dalam menanggulangi hambatan membelajarkan Sistem Informasi Geografis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah tujuh sekolah menengah atas di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan mengambil delapan narasumber guru geografi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) : Belum terdapat kesesuaian antara RPP yang digunakan oleh guru dengan bentuk pelaksanaan pembelajaran SIG di kelas. Susunan rancangan RPP juga memiliki kesamaan antar narasumber guru geografi yang lain. Metode yang digunakan adalah metode konvensional yang semestinya menggunakan metode demonstrasi atau praktikum. 2) Problematika yang dialami guru dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP, bahan materi ajar, media pembelajaran, LKPD, dan evaluasi pembelajaran, yang belum maksimal. Keterampilan guru belum mampu mengaplikasikan SIG dalam pembelajaran pada peserta didik dikarenakan ketidakmampuan guru dalam mengoperasikannya dan terkendala dalam menggunakan media berbasis komputer. Sarana dan prasarana juga menjadi hambatan mengajarkan materi SIG, hal ini dikarenakan sekolah belum menyediakan fasilitas seperti buku-buku yang relevan dengan materi SIG, belum tersedia laboratorium komputer yang dilengkapi aplikasi SIG serta fasilitas proyektor LCD di kelas. 3) MGMP Geografi dapat diaktifkan kembali dalam memberikan pelatihan terkait dengan materi SIG serta didukung pihak sekolah yang hendak menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran SIG dan meningkatkan sosialisasi sesama guru geografi di Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Problematika Guru, Sistem Informasi Geografis ABSTRACT The research aims find out: 1) Form of implementation learning Geographical Information System 2) Teacher's problems in teaching Geographic Information Systems. 3) Strategies in overcoming barriers to learning Geographic Information Systems. This research is a qualitative research. Targets in this research were seven senior high schools in Somba Opu district, Gowa Regency by taking eight geography teacher. Data collecting in this study uses observation, interview, and documentation techniques, then analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results research shows that: 1): 1): There is no conformity between lesson plan used by the teacher and the form of GIS learning in the class. The draft plan of the lesson plan also has similarities between other geography teacher speakers. The method used is a conventional method that should use a demonstration or practicum method. 2) The problems experienced by teachers in preparing teaching tools such as lesson plans, teaching materials, instructional media, worksheet, and learning evaluation, which is not maximized. The teacher's skills have not been able to apply GIS in learning to students because teacher's inability to operate and constrained in using computer-based media. Facilities and infrastructure are also obstacles to teaching GIS material, this is because schools have not provided facilities such as books that are relevant to GIS material, there are no computer laboratories equipped with GIS applications and LCD projector facilities in class. 3) Geography subject matter teacher discussion can be reactivated in providing training related to GIS material and is supported by schools that want to provide facilities and infrastructure that support GIS learning and improve socialization of fellow geography teachers in Gowa Regency. Keyword : Teacher Problematic, Geographic Information System

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:06
Last Modified: 05 Apr 2019 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item