EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS KEPALASEKOLAH SMK NEGERI I BANTAENG)

HUSNAWATI, HUSNAWATI (2018) EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS KEPALASEKOLAH SMK NEGERI I BANTAENG). S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMK Negeri I bantaeng dan untuk mengetahui faktor-faktor mendukung dan menghambat efektivitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji credibility (derajat kepercayaan) dengan cara melakukan triangulasi sesuai aturan, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Kepemimpinan Transformasional meliputi Individual consideration yaitu pemimpin yang mampu memberikan dorongan dan perhatian khusus, dukungan, semangat, dan usaha pada kebutuhan prestasi dan pertumbuhan guru dan stafnya. Intellectual Stimulation yaitu kepala sekolah selalu memberikan pembinaan terhadap guru dan staf. Inspirational motivation yaitu kepala sekolah selalu menyampaikan visi secara terperinci visi dan misi sekolah kepada guru-guru dan staf. Inspirational motivation yaitu kepala sekolah selalu menjadi contoh bagi seluruh bawahan terutama menyangkut tentang kedisiplinan. Faktor pendukung pelaksanaan kepemimpinan transformasional di SMK Negeri I Bantaeng adalah hubungan yang harmonis antara bawahan dengan pimpinan, perhatian khusus kepala sekolah terhadap guru dan staf, kepala sekolah memiliki pengetahuan dan kempuan dalam mengelolah sekolah, membangun kepercayaan dengan guru dan staf, tingkat kedisplinan yang tinggi, menjalin hubungan komunikasi terbuka, sedangkan Faktor penghambatnya adalah adanya kecemburuan yang terjadi antar sesama guru dan staf, ada beberapa guru yang mendapatkan tugas tambahan, kepala sekolah masih segan memerintahkan langsung kepada guru atau staf, masih ada beberapa guru yang tidak percaya diri dalam melaksanakan tugasnya. Kata Kunci: Efektivitas Kepemimpinan Transformasional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 00:57
Last Modified: 05 Apr 2019 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item