ASNIATI, ASNIATI (2019) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK EKONOMI BERJATI DIRI BANGSA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, Ekonomi.
|
Text
JURNAL ASNIATI 123.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran dalam bentuk desain Lembar Kerja Siswa Ekonomi Berjati Diri Bangsa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Serta sebagai bahan ajar penungjang proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang di uji cobakan menggunakan uji coba PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA NEGERI 1 SOPPENG. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran Desain Lembar Kerja Siswa Ekonomi Berjati Diri Bangsa pada mata pelajaran Ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument penilaian desain media oleh ahli media, instrument penilaian desain media oleh peserta didik, lembar observasi, angket motivasi dan lembartes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembuatan Media Pembelajaran dalam desain Lembar Kerja Siswa Ekonomi Berjati Diri Bangsa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Soppeng. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor persentase siswa. Peningkatan skor motivasi dalam kategori sedang meningkat menjadi sangat tinggi. Dan persentase skor hasil belajar sebelum mendesain pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Ekonomi Berjati Diri Bangsa dengan skor sangatrendahdan setelah menggunakan bahan pembelajarandesain Lembar Kerja Peserta Didik Ekonomi Berjati Diri Bangsa meningkat pada siklus I, dan pada siklus II meningkat dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Desain LKPD, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 03:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 03:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12598 |
Actions (login required)
View Item |