KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAKASSAR

SUDARWATI, SUDARWATI (2019) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS SUDARWATI.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

SUDARWATI, 2018. Keefektifan Penerapan Metode Field Trip terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Makassar. (Dibimbing oleh Ramly dan kembong Daeng). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode field trip siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar; (2) untuk mengkaji kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode inquiry siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar; (3) membuktikan keefektifan metode field trip dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan dalam dua tahap. Setiap tahap masing-masing dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Makassar dan subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 72 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tertulis/tes uraian dan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode field trip dikategorikan efektif pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar, hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 67.39, tidak ada siswa yang memeroleh skor di atas 78 atau dalam kategori kurang efektif. Di sisi lain, skor kemampuan akhir siswa ( posttest) adalah 82.53 (80.56%) siswa yang memeroleh skor di atas 78 atau dalam kategori efektif. (2) kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode inquiry dikategorikan kurang efektif dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA negeri 2 Makassar, hal ini dibuktikan dengan hasil skor pretest yaitu 66.86, sedangkan skor posttest adalah 69.67, sehingga tidak terjadi perubahan yang signifikan, dan (3) metode field trip efektif dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar, hal ini dibuktikan dengan skor pretest yaitu 67.39 dan skor posttest adalah 82.53, sehingga terjadi perubahan yang signifikan. Kata Kunci: Menulis Cerpen, Keefektifan, Metode Field Trip

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2019 01:15
Last Modified: 15 Mar 2019 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item