PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWAJURUSAN IPS SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Bausat, Andi Utami and Herman, Herman and Musa, Chalid Imran (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWAJURUSAN IPS SMA NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap hasil belajar bidang studi Ekonomi siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar bidang studi Ekonomi siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (3) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar bidang studi Ekonomi siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Path Analysis (Analisis Jalur).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara langsung lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (2) terdapat pengaruh secara langsung lingkungan sekolah, tingkat pendidikan orang tua, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (3) terdapat pengaruh secara tidak langsung lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Tingkat Pendidikan Orang Tua, MotivasiBelajar, dan Hasil Belajar Bidang Studi Ekonomi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:48
Last Modified: 28 Feb 2019 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item