PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING (WBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 5 PANGKEP

Mutmainnah, Ulfa and Syahrul, Syahrul and Mangesa, Riana. T (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING (WBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 5 PANGKEP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Ulfa Mutmainnah.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan model pembelajaran Work Based Learning siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Pangkep, 2) menghasilkan model pembelajaran Work Based Learning yang valid, efektif dan praktis digunakan pada siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 5 Pangkep, dan 3) mengetahui peningkatan minat berwirausaha siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 5 Pangkep. Metode penelitian menggunakan Research and Deveelopment model Dick & Carey yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap identifikasi, tahap pengembangan, dan tahap uji coba/evaluasi. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi buku siswa, modul dan RPP, angket respon siswa dan lembar pengamatan aktivitas pendidik dan peserta didik. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas model pembelajaran yang dikembangkan. Sebanyak 30 peserta didik yang dijadikan sampel penelitian dan uji coba lapangan terbatas. Hasil pengembangan WBL pada mata pelajaran perbaikan dan/atau setting ulang system PC yang valid efektif dan praktis. Peningkatan minat berwirausaha siswa sebagai akibat dari pengalaman belajar di DU/DI dengan menerapkan model pembelajaran WBL dinyatakan meningkat. Kata kunci: Model Pembelajaran, Work Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:05
Last Modified: 15 Feb 2019 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item