PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 SOPPENG

AZMI, A. NUR (2019) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL A. NUR AZMI (1392040006).pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Soppeng. Variabel dalam penelitian ini adalah kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Penelitian ini adalah penelitian kuntitatif non eksperimen dengan populasinya seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Soppeng yang terdiri dari 81 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 30 siswa. Sampel dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis korelasi product moment, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana maka diperoleh persamaan Y=21,137+1,337X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai kebiasaan belajar maka akan meningkat hasil belajar siswa sebesar 1,337 satuan. Hasil korelasi product moment (r) diperoleh sebesar 0,706 menunjukkan hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa dalam kategori kuat. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,00<0,05 berarti variabel kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Soppeng. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian di terima. Kata kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:03
Last Modified: 08 Feb 2019 08:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12150

Actions (login required)

View Item View Item