Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Negeri 3 Barru pada Konsep Tumbuhan

Mukhlisa, Nurul (2018) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Negeri 3 Barru pada Konsep Tumbuhan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik SMA Negeri 3 Barru pada konsep tumbuhan dan (ii) Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab miskonsepsi peserta didik SMA Negeri 3 Barru pada konsep tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 3 Barru tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes dan pedoman wawancara. Tes berupa two-tier diagnostic test dengan jumlah soal 20 butir, jumlah pilihan jawaban sebanyak lima, dan jumlah pilihan alasan sebanyak tiga yang dikombinasikan dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Wawancara dilakukan kepada peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada konsep ciri-ciri tumbuhan sebesar 31%, pada konsep reproduksi tumbuhan sebesar 23%, dan pada konsep klasifikasi tumbuhan sebesar 28%. Faktor-faktor penyebab miskonsepsi peserta didik pada konsep tumbuhan, yaitu pengalaman, intuisi, penalaran yang tidak lengkap, buku teks, guru, kurangnya minat belajar, dan kurangnya kemampuan peserta didik. Faktor penyebab miskonsepsi peserta didik pada konsep tumbuhan yang paling dominan adalah pengalaman. Kata Kunci: Miskonsepsi, Two-Tier Diagnostic Test, Certainty of Response Index (CRI), Wawancara, Tumbuhan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:21
Last Modified: 07 Feb 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item