PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KESENANGAN BELAJAR SISWA SDN 101 BATUAPI KABUPATEN ENREKANG

Indrawaty, Indrawaty (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KESENANGAN BELAJAR SISWA SDN 101 BATUAPI KABUPATEN ENREKANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL INDRAWATY.doc

Download (111kB)

Abstract

, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Gunungsari Baru, Jl. Bonto Langkasa, Makassar-90222 Abstrak: Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kesenangan Belajar SDN 101 Batuapi Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendekatan keterampilan proses, gambaran kesenangan belajar siswa serta menguji pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap kesenangan belajar siswa SDN 101 Batuapi Kabupaten enrekang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasy eksperimendengan Design yaitu nonequivalent control grup design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 141 siswa dengan sampel siswa kelas Va yang berjumlah 20 siswa dan siswa kelas Vb berjumlah 20 siswa yang dipilih menggunakan simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan angket. Data tersebut dianalisis dengan dua macam teknik analisis statistik, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan pendekatan keterampilan proses pada kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik di SDN 101 Batuapi Kabupaten enrekang. Kesenangan belajar siswa sebelum belajar melalui penerapan pendekatan keterampilan proses berada pada kategori kurang senang dan kesenangan belajar siswa setelah belajar melalui penerapan pendekatan keterampilan proses berada pada kategori senang. Terdapat perbedaan Kesenangan belajar antara siswa yang belajar melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dengan siswa yang belajar tanpa penerapan pendekatan keterampilan proses di SDN 101 Batuapi Kabupaten enrekang, oleh karena nilai rata-rata Kesenangan belajar siswa belajar melalui penerapan pendekatan keterampilan proses lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak belajar melalui penerapan pendekatan keterampilan proses, hal ini menunjukkan ada pengaruh Penerapan pendekatan keterampilan proses Terhadap Kesenangan belajar siswa. Kata kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Kesenangan belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item