STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI OBJEK WISATA RUMAH ADAT KARAMPUANG TERHADAP SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI DESA TOMPOBULU KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI

NURAIMMA, NURAIMMA (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI OBJEK WISATA RUMAH ADAT KARAMPUANG TERHADAP SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI DESA TOMPOBULU KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI.

[img]
Preview
Text
JURNAL-converted.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

OLEH : FAKULTAS ILMU SOSIAL Email : Nuraimma999@gmail.com ABSTRAK Nuraimma. 2018. Strategi Pengembangan Potensi Objek Wisata Rumah Adat Karampuang Terhadap Sosial Budaya Masyarakat di Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai, Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui strategi pemerintah dan pengelola dalam mengembangkan potensi objek wisata Rumah Adat Karampuang Kabupaten Sinjai. 2) untuk mengetahui dampak pengembangan potensi objek wisata Rumah Adat Karampuang terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan menggunakan pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemerintah dan pengelola dalam mengembangkan potensi objek wisata Rumah Adat Karampuang Kabupaten Sinjai diantaranya adalah, meningkatkan kualitas objek wisata, meningkatkan sarana dan prasarana, pelatihan kepariwisataan bagi pengelola, memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada, dan membuat website untuk mempromosikan secara online di media sosial mengenai potensi yang dimiliki Rumah Adat Karampuang. 2) Dampak pengembangan potensi objek wisata rumah adat karampuang terhdap kehidupan sosial budaya masyarakat diantaranya adalah dampak positif banyaknya pengetahuan baru yang diketahui, menambah wawasan mengenai sejarah Rumah Adat karampuang, melestarikan dan menjaga kebersihan sehingga nyaman untuk dikunjungi, dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang terkenal. Dampak negatif kurangnya sarana dan prasarana seperti gazebo, tidak adanya pedagang disekitar tempat wisata, tidak adanya lahan parkir dan masih kentalnya sistem kepercayaan. PENDAHULUAN

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

View Item View Item