PENGARUH KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN DAN KINERJA GURU EKONOMI TERHADAP SIKAP PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMAN 3 PINRANG

Sufianah, Sufianah (2018) PENGARUH KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN DAN KINERJA GURU EKONOMI TERHADAP SIKAP PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMAN 3 PINRANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu; (1) untuk mengetahui pengaruh kurikulum berbasis lingkungan terhadap sikap peduli kebersihan lingkungan sekolah di SMAN 3 Pinrang, (2) untuk mengetahui pengaruh kinerja guru ekonomi terhadap sikap peduli kebersihan lingkungan sekolah di SMAN 3 Pinrang, (3) untuk mengetahui pengaruh kurikulum berbasis lingkungan dan kinerja guru ekonomi terhadap sikap peduli kebersihan lingkungan sekolah di SMAN 3 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto, jenis penelitian yang proses pengumpulan datanya dilakukan melalui angket dari sejumlah responden.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah random sampling, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 69 peserta didik. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan telah divalidasi oleh validitor ahli meliputi: Validasi Isi dan Validasi Empirik. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistic yaitu statistic deskriptif dan uji inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan; (i) Terdapat pengaruh antara kurikulum berbasis lingkungan dengan sikap peduli kebersihan lingkungan sekolah di SMAN 3 Pinrang dengan nilai sig (0,001) <α (0,05). (ii) Terdapat pengaruh antara kinerja guru ekonomi dengan sikap peduli kebersihan lingkungan sekolah di SMAN 3 Pinrang dengan nilai sig (0,000) <α (0,05). (iii) Terdapat pengaruh antara kurikulum berbasis lingkungan dan kinerja guru ekonomi dengan sikap peduli kebersihan lingkungan sekolah di SMAN 3 Pinrang dengan nilai sig (0,000) <α (0,05). Kata Kunci: Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kinerja Guru Ekonomi, Sikap Peduli Kebersihan Lingkungan Sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:48
Last Modified: 05 Nov 2018 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item