Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. (Dibimbing oleh

HASRIANTI, HASRIANTI (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. (Dibimbing oleh. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS HASRIANTI.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (i) mengetahui gambaran penerapan pendekatan saintifikdalam pembelajaran IPS murid kelas IV di SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar; (ii) mengetahui gambaran hasil belajar murid dalam pembelajaran IPS kelas IV di SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar; (iii) mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan Saintifikterhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Kassi-Kassi Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis true experimental design dengan model desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 71 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 siswa untuk kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik maching group. Instrument penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar pedoman observasi untuk guru dan siswa yang masing-masing telah divalidasi oleh dua orang validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS yang terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya yang relevan pada siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar dilaksanakan melalui lima kegiatan tahapan pembelajaran, dimana hasil observasi guru dan siswa berada pada kategori baik; (ii) hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar setelah diterapkan pendekatan saintifik mengalami peningkatan hasil belajar yang berada pada kategori tinggi; (iii) Ada pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:09
Last Modified: 27 Sep 2018 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item