KAJIAN SEMIOTIK DALAM IKLAN KARTU AS

Ilmi, Nur (2018) KAJIAN SEMIOTIK DALAM IKLAN KARTU AS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal print online.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Kajian Semiotik dalam Iklan Kartu As. Penilitian ini bertujuan untuk menegetahui makna iklan kartu as versi kepoin fb . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem tanda, dengan pendekatan semiotika milik Charles Sanders Peirce. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui pemaknaan secara menyeluruh iklan kartu as versi ‘kepoin fb’. Metode analisis semiotika yang membagi sistem tanda menjadi ikon, indeks, dan simbol. Sebagai sebuah penelitian deskriptif, penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka-angka atau bilangan). Dalam mengadakan penelitian ini, penulis mengumpulkan, memilah, dan mengelompokkan data yang ada. Kemudian data dianalisis menggunakan teori semiotika, dan akhirnya penulis menyajikan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan kartu as versi ‘kepoin fb’ dengan pendekatan semiotika Peirce, maka dapat disimpulkan : Dalam visualisasi iklan ini secara jelas menggunakan sistem tanda yang termasuk ke dalam ikon, indeks dan simbol. Yaitu 5 ikon, 6 indeks dan 4 simbol yang masing-masing memiliki makna yang berbeda. Kata kunci: Iklan, Ikon, Indeks, dan Simbol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:53
Last Modified: 06 Sep 2018 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item View Item