Pengembengan Desain Pembelajaran Pada Bidang Keahlian Elektronika Industri Berbasis Metakognisi Siswa di sekolah Menengah Kejuruan (Analisis Teori-teori Belajar yang Mendasari Desain Pembelajaran)

Purnamawati, Purnamawati (2015) Pengembengan Desain Pembelajaran Pada Bidang Keahlian Elektronika Industri Berbasis Metakognisi Siswa di sekolah Menengah Kejuruan (Analisis Teori-teori Belajar yang Mendasari Desain Pembelajaran). In: Seminar National 2015 "Optimalisasi Hasil-hasil penelitian dalam menunjang pembangunan berkelanjutan, 13 Juni 2015, Lembaga Penelitian Universities Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
prosiding.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional - PDP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran bidang keahlian elektronika industri berbasis metakognisi di SMK Negeri Kota Makassar. Jeins penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang produknya diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar mengajar di SMK yang mengarah kepada pembelajaran yang berkualitas. Berdasarkan tahap pengembangan yang ditempuh, maka diperoleh hasil, yaitu: Pertama, hasil investigasi awal telah menghasilkan kebutuhan desain pembelajaran berbasis metakognisi, yaitu: (1) tujuan pembelajaran; (2) pembelajaran saat ini; (3) karakter siswa di SMK; dan (4) permasalahan pembelajaran yang terkait dengan kegiatan pembelajaran berbasis metakognisi. Kedua, teori-teori belajar yang mendasari pembelajaran desain pembelajaran berbasis metakognisi, yaitu teori belajar behavioristik, kognitif, konstruktivistik, teori belajar orang dewasa, teori belajar sosial, teori Vigotsky, dan teori belajar pemecahan masalah.Pengkajian teori-teori belajar tersebut, memperkuat dalam penentuan tujuan pembelajaran berbasis metakognisi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Purnamawati Purnamawati
Date Deposited: 28 Oct 2018 23:52
Last Modified: 30 Dec 2019 04:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item