Evaluasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Wilayah II Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dalam Menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012-2013

BEDDU, SYAHIDIN (2015) Evaluasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Wilayah II Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dalam Menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012-2013. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Beddu, Syahidin.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK SYAHIDIN BEDDU. Evaluasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Wilayah II Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dalam Menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012-2013 (dibimbing oleh Patahuddin dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai program kesiapan peserta didik Kelas VI SDN se-Wilayah II Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dalam menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang dilakukan di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dengan memilih wilayah II. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua pesetra didik. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi yang dikembangkan oleh Robert Stake. Evaluasi model ini terdiri dari tiga tahapan/fase, yaitu masukan (antecedents), proses (transaction), dan hasil (output). Hasil yang diperoleh meliputi: (1) Kesiapan peserta didik di kelas VI wilayah II Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng terlaksana dengan baik mulai dari pelaksanaan rapat pembentukan panitia, persiapan materi dan soal-soal yang digunakan dengan mengacu kepada SKL, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya; (2) Kesiapan peserta didik untuk mengikuti US/UN juga terlaksana dengan baik. Guru di setiap sekolah di wilayah II Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng secara aktif mengajak peserta didik untuk ikut serta di dalam pelaksanaan pembelajaran tambahan dan tryout serta senantiasa memberikan bantuan, arahan, dan motivasi bagi peserta didik yang mengalami kesulitan; dan (3) Keseluruhan program pembelajaran tambahan yang dievaluasi menunjukkan bahwa program kesiapan peserta didik yang diselenggarakan oleh seluruh sekolah di wilayah II Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dari persiapan, pelaksanaan, dan hasil program kesiapan peserta didik telah terlaksana dengan baik.   ABSTRACT SYAHIDIN BEDDU. 2013. Evaluation on Student’s Preparation Dealing with School Examination and National Examination of Academic Year 2012-2013 of Grade VI Students at SDN Region II, Donri-Donri Subdistrict in Soppeng District (supervised by Patahuddin and Kaharuddin Arafah). This study is aimed to obtain a Class VI student readiness at SDN Region II Donri-Donri Subdistrict in Soppeng district of the Examination Schools and the National Examination in the Academic Year 2012-2013. This study is an evaluation conducted in Donri-Donri Subdistrict Soppeng district by selecting the region II. The subjects were teachers and students parents. Evaluation model to be used is the evaluation model developed by Robert Stake. Evaluation of this model consists of three phases, namely input (antecedents), process (transaction), and the results (output). The results include: (1) readiness of students in the class II region VI Donri-Donri Subdistrict Soppeng district performing well ranging from the implementation of the establishment of the committee meetings, preparation of materials and the questions that are used with reference to the SKL, as well as support facilities other, (2) readiness of learners to follow the US/UN is also performing well. Teacher in every school in the Donri-Donri Subdistrict Soppeng district actively invites students to participate in the implementation of additional learning and tryout and continues to provide assistance, guidance, and motivation for learners who have difficulties, and (3) Overall additional learning programs that were evaluated showed that learners readiness program organized by all schools in Donri-Donri Subdistrict Soppeng district of preparation, execution, and results of student preparedness program has been implemented well.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: ?? fac_med ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:13
Last Modified: 20 Oct 2016 08:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item