PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MENJALANKAN ATURAN TATA TERTIB DI SMP Y MAKASSAR

Thamrin, Nurul Hidayah Az-zahra (2018) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MENJALANKAN ATURAN TATA TERTIB DI SMP Y MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MENJALANKAN ATURAN TATA TERTIB DI SMP Y MAKASSAR Nurul Hidayah Az-zahra Thamrin (nurulhidayahaz.zahrathamrin@yahoo.com) Muhammad Jufri (mjufri@yahoo.com) Dian Novita Siswani (dhian76@yahoo.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Kedisiplinan siswa di sekolah khususnya dapat ditingkatkan dengan melakukan komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa itu sendiri, dilihat dari usia siswa yang berisiko untuk tidak menerapkan perilaku disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa terhadap kedisiplinan siswa menjalankan aturan tata tertib di SMP Y Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan accidental sampling dengan subjek penelitian sebanyak 99 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa terhadap kedisiplinan siswa menjalankan aturan tata tertib (p= 0,000, R square= 0,356). Implikasi penelitian ini bagi siswa yaitu perlunya penerapan komunikasi interpersonal sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa menjalankan aturan tata tertib. Selain itu, guru sebaiknya menjadi pemula komunikasi antara guru dengan siswa sebab terkadang siswa akan merasa canggung untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, kedisiplinan, siswa, guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 05:54
Last Modified: 29 Aug 2018 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item