PENGARUH PERPUTARAN AKTIVA TETAP, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP

SUBUR, HIKMAYANI (2018) PENGARUH PERPUTARAN AKTIVA TETAP, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan atau laba secara efektif dan efisien dalam suatu periode. Profitabilitas merupakan bagian yang penting bagi setiap perusahaan karena besar kecilnya keuntungan yang diterima akan berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat profitabilitas suatu perusahaan. Dengan menghitung profitabilitas dapat diperoleh gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan dalam kegiatan operasionalnya melalui analisis rasio keuangan, diantaranya rasio perputaran aktiva tetap, piutang dan modal kerja. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh perputaran aktiva tetap, perputaran piutang dan perputaran modal kerja secara parsial terhadap profitabilitas pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, (ii) untuk mengetahui pengaruh perputaran aktivas tetap, perputaran piutang dan perputaran modal kerja secara simultan terhadap profitabilitas pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi dan wawancara dengan mengambil sampel berupa laporan keuangan tahun 2007-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Korelasi Linear, Uji-t danUji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Secara parsial perputaran aktiva tetap berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, perputaran piutang berpengaruh siginifikan terhadap profitabilitas pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, sedangkan perputaran modal kerja berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. (ii) Secara simultan pengaruh perputaran aktiva tetap, perputaran piutang dan perputaran modal kerja berpengaruh dan signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:06
Last Modified: 15 Aug 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item