Hubungan Antara Kelincahan Dan Keseimbangan Dengan Kemampuan Menggiring Dalam Permainan Bolabasket Murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar

KASIUHE, YUNITA ELVASARI (2018) Hubungan Antara Kelincahan Dan Keseimbangan Dengan Kemampuan Menggiring Dalam Permainan Bolabasket Murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar. Diploma thesis, FIK.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (248kB)

Abstract

ABSTRAK YUNITA ELVASARI KASIUHE. 2018. Hubungan Antara Kelincahan Dan Keseimbangan Dengan Kemampuan Menggiring Dalam Permainan Bolabasket Murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar. SKRIPSI. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Pembimbing 1 dan Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan kelincahan dan Keseimbangan Dengan Menggiring bolabasket murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah Murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea makassar khususnya yang telah mempelajari permainan bolabasket yaitu kelas V dan VI dengan jumlah subjek penelitian 30 murid yang dipilih secara random sampling atau sistem acak. Dalam penelitian ini memakai instrumen tes antara lain tes kelincahan ( Agility ) menggunakan Zig-Zag Run Test, tes keseimbangan ( Balance ) menggunakan Modified Test Of Dynamic Balance Bass, dan tes menggiring ( Dribbling ) menggunakan tes menggiring bola. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi ganda dan regresi ganda dengan menggunakan sistem SPSS Versi 24.00 pada taraf signifikansi 95% atau α0,05. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kelincahan memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menggiring dalam permainan bolabasket murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar, diperoleh nilai korelasi ( r ) 0,878 dengan tingkat probabilitas ( 0,000) < α0,05; (2) Keseimbangan memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menggiring dalam permainan bolabasket murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar, diperoleh nilai korelasi ( r ) 0,807 dengan tingkat probabilitas ( 0,000 ) < α0,05; (3) Kelincahan dan Keseimbangan memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menggiring dalam permainan bolabasket murid SD Negeri Bontoramba Kec.Tamalanrea Makassar, doperoleh nilai regresi ( R ) 0.933 dengan tingkat probabilitas ( 0,000 ) < α0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 05:44
Last Modified: 15 Aug 2018 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item