Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Bermain Konstruktif Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A

ANDI ATY, PANAMPE (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Bermain Konstruktif Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI ATY PANAMPE.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI ATY PANAMPE 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Bermain Konstruktif Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A (dibimbing oleh Parwoto, dan H. Djadir). Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan gambaran yang tepat mengenai pelaksanaan pengembangan perangkat pembelajaran Model Bermain Konstruktif untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A yang valid, praktis dan efektif bagi anak usia dini, dan (2) Untuk memperoleh produk yakni perangkat pembelajaran Model Bermain Konstruktif untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A yang valid, praktis dan efektif . Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development atau R & D) model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1. Analysis (analisa), 2. Design (disain/perancangan), 3. Development (pengembangan), 4. Implementation (implementasi), dan 5. Evaluation (evaluasi/umpan balik). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menurut model ADDIE adalah meliputi Buku Pedoman Pembelajaran Model Bermain Konstruktif untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A, Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Kegiatan Anak (LKA). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Model Bermain Konstruktif untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A di PAUD TERPADU Tumbuh Kembang Anak Makassar yang dikembangkan adalah: (1) kevalidan, dimana Buku Pedoman Pembelajaran Model Bermain Konstruktif untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A memiliki validitas rata-rata 3,45 (kategori valid), Program Semester memiliki validitas rata-rata 3,54 (kategori valid), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) memiliki validitas rata-rata 3,58 (kategori valid), Rencana Kegiatan Harian (RKH) memiliki validitas rata-rata 3,66 (kategori valid) dan Lembar Kegiatan Anak (LKA) memiliki validitas rata-rata 3,52 (kategori valid). (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran, dianalisis dengan menggunakan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh percentage of agreement (PA) sebesar 100%, dan (3) Keefektifan, dimana Buku Pedoman Pembelajaran Model Bermain Konstruktif untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A, Program Semester, Rencana Kegiatan Minggun (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan Lembar Kegiatan Anak (LKA) sesuai dengan penilaian guru dikatakan efektif karena ≥ 80% guru memberikan respon positif “sangat baik”yaitu sebanyak 100% guru. ABSTRACT ANDI ATY PANAMPE. 2011. The Development of Learning Instrument Of Construcive Game Model to Train Soft Motoric Ability of Group A Kindergarten Children (supervised by Parwoto and Djadir). The study aims at (1) providing description on the implementation og the development of learning instrument of Constrctive Game Model to train soft motoric ability of Group A kindergarten children which is valid, practical, andeffective and (2) obtaining the product of learning instrument of Constructive Game Model to train soft motoric ability of Group A kindergarten children which is valid, pratical, and effective. The study employed Research and Development (R&D) method with ADDIE model which consisted of 5 phases, namely 1) analysis 2) design, 3) development, 4) implementation, and 5) evaluation. The instruments developed consisted of manual book of contructive Game Model to train soft motoric ability of Group A kindergarten children, semester program, weekly plan, daily plan, and student’s workbook. The results of the study reveal that learning instrument of Constructive Game Model to train soft motoric of Group A kindergarten children at PAUD TERPADU Tumbuh Kembang Anak Makassar which is developed: (1) valid that the manual book of Contructive Game Model to train soft motoric ability of Group A kindergarten children has`the average 3.45 (valid category), semester program has the average 3.54 (valid category), weekly plan has tehe average 3.58 (valid category), daily plan has the average 3.66 (valid category), and student’sworkbook has the average 3.52 (vali6d category), (2) the practicality of the instrument which is analyzed by employing observation sheet of teacher’s ability in manging the learning obtained the percentage of agreement 100%, and (3) the effectiveness, that the manual book of Constructive Game Model to train soft motoric ability of Group A kindergarten children, semester program, weekly plan, daily, and student’s workbook based on the evaluation of teacher is effective because > 80% teachers gave positive response “excellent” with as many as 100% teacher.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:02
Last Modified: 21 Jul 2016 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item