Hamid, Nurqiyamah (2018) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dengan Pendekatan Problem Solving pada Peserta Didik Kelas XI MAN Binamu Jeneponto. S1 thesis, PPS.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving; (2) mendeskripsikan aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving; (3) mendeskripsikan respons peserta didik setelah pembelajaran GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitan Pre-Experimental Designs atau secara spesifik termasuk desain One Group Only Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan satu kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN Binamu, terdiri atas tujuh kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 245 orang, sedangkan sampelnya dipilih 1 kelas melalui cluster random sampling yakni kelas XI MIA3 terdiri dari 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: (1) tes hasil belajar; (2) lembar observasi aktivitas peserta didik; (3) angket respons peserta didik. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis aktivitas peserta didik, hasil belajar, dan respons peserta didik. Analisis inferensial digunakan untuk uji normalitas dan ujit. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving skor rata-ratanya sebesar 79,14 berada pada kategori sedang dan memenuhi standar keefektifan dengan KKM 75, (2) aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving menghasilkan skor rata-rata keseluruhan dari semua kategori sebesar 3,2 berada pada kategori cukup aktif, (3) respons peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan problem solving menghasilkan skor rata-rata 3,5 berada pada kategori positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 06:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 06:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9650 |
Actions (login required)
View Item |