Pengaruh Pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Antusias Belajar Siswa di SDI Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

MUHAJIR, MUHAJIR (2018) Pengaruh Pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Antusias Belajar Siswa di SDI Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
MUHAJIR1.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahuigambaran pelaksanaan model Problem Based Instruction (PBI)di SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa (2) untuk mengetahuigambaran antusias belajar IPA(3) untuk mengetahui pengaruhmodel Problem Based Instruction (PBI) terhadap antusias belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester ganjil SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowatahun ajaran 2017/2018.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dan pengambilan sampel untuk penentuan kelas menggunakan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data (1) antusias melalui angket/kuesioner, dan (2) lembar observasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI)terhadap antusias belajar IPA meningkatkan antusias belajar siswa (2) Antusiasbelajarsiswamengalamipeningkatandilihatdaripretest antusiasbelajarsiswaberadapadakategorirendahsedangkanpadaposttest antusiasbelajarsiswaberadapadakategoritinggi (3) Ada pengaruh pelaksanaan model Problem Based Instruction (PBI)terhadap antusiasbelajar IPA siswa. Kata Kunci: Model PembelajaranProblem Based Instruction (PBI), danAntusiasBelajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:52
Last Modified: 11 Jul 2018 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item