Pasangan bersesuaian dalam Interaksi Kelas

NURYANI (2016) Pasangan bersesuaian dalam Interaksi Kelas. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) jenis-jenis pasangan bersesuaian yang digunakan oleh guru dan siswa pada aktivitas awal, sedang dan akhir aktivitas kelas (2) Fungsi-fungsi dari pasangan bersesuaian yang digunakan guru dan siswa pada aktivitas awal, sedang dan akhir kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 di SMAN 1 Anggeraja yang diambil melalui purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisa melalui reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) ada empat belas jenis pasangan bersesuaian pada aktivitas awal, sedang dan akhir kelas yaitu greeting- greeting, summons- answer, question- answer, request- agreement, request for information- grant, compliment- acceptance, complaint- apology, question- refusal, offer- occept, warning- acknowledgement, assessment- agreement, advice- acknowledgement, thanking- thanking, leave taking- leave taking. (2) setiap jenis adjacency pairs dalam interaksi kelas memiliki fungsi tertentu. Pertama, greeting-greeting yaitu membuka kelas. Kedua, summons-answer untuk memeriksa kehadiran siswa. Ketiga, question-answer yaitu meningkatkan kesiapan siswa. Keempat request-agreement adalah mengatur tempat duduk siswa. Kelima, request for information-grant adalah mendapatkan informasi. Keenam, compliment-response adalah menciptakan suasana yang gembira. Ketujuh, complaint-apology adalah untuk menegur siswa. Kedelapan, advice-acknowledgement untuk menyarankan kebaikan. Kesembilan, question-refusal untuk menolak materi baru. Kesepuluh, offer-accept adalah untuk mengenali kemampuan siswa. Kesebelas, warning-acknowledgement menyampaikan teguran. Keduabelas, assessment-agreement untuk mengecek pemahaman siswa. Ketigabelas, thanking-thanking untuk mengekspresikan penghargaan. Terakhir, leave taking-leave taking yaitu mempersiapkan siswa sebelum kelas berakhir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:03
Last Modified: 09 Jul 2018 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9463

Actions (login required)

View Item View Item