Nur Wahyuningsih, Ridhawati (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 1 Takalar. Diploma thesis, MIPA.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Takalar yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui bentuk tes uraian, respon siswa, dan lembar observasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh setelah penerapan pendekatan kontekstual adalah (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 57,95 dari skor ideal 100 dengan simpangan baku 14,43 dan ketuntasan belajar berada pada kategori rendah; (2) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus II yaitu 76,55 dari skor ideal 100 dengan simpangan baku 9,58 dan ketuntasan belajar pada kategori tinggi; (3) terjadi peningkatan keaktifan dan perhatian siswa dalam belajar matematika baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Takalar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 02:34 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 02:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9255 |
Actions (login required)
View Item |