Implementasi Pendekatan Antarbudaya dalam Pembelajaran EFL di SMAN 5 Makassar

Budiarti, Yanti (2018) Implementasi Pendekatan Antarbudaya dalam Pembelajaran EFL di SMAN 5 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK . 2018. . (Dibimbing oleh ). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi pendekatan antarbudaya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di SMAN 5 Makassar dan (2) untuk mengetahui manfaat implementasi Pendekatan Antarbudaya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di SMAN 5 Makassar. Peneliti menggunakan metode campuran yaitu metode triangulasi campuran (Quan-Qual). Populasi penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Makassar yang terdiri dari 6 orang guru. Peneliti memilih semua populasi karena kurang dari 100 sampel. Jadi, total sampel penelitian ini adalah 6 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan statistik deskriptif melalui program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan antar-budaya merupakan tugas yang menantang dan menuntut guru bahasa Inggris setidaknya memiliki beberapa pengetahuan antar budaya dan terus mengembangkannya pada siswa-siswanya. Guru Bahasa Inggris harus menerapkan pendekatan antar budaya dengan cara yang bijaksana, terampil, dan sadar, dan (2) manfaat pendekatan antar budaya dalam pembelajaran memberitahu siswa bahwa guru terbuka untuk mengajar dan memahami perbedaan dan keragaman. Ini adalah cara untuk memberikan keamanan emosional di kelas dan untuk memeberikan pendekatan pada pelajaran yang sulit dengan cara yang aman dan sehat. Kata kunci: Implementasi, Pendekatan antar budaya, Pembelajaran EFL viii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:07
Last Modified: 04 Jun 2018 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9143

Actions (login required)

View Item View Item