Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Barru

HUKRI, ASIA (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Barru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Asia 2016.pdf

Download (211kB) | Preview

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan ilmiah yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Barru tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan pendekatan ilmiah. (2) mengetahui dan mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan ilmiah yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dalam fisika peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Barru tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan pendekatan ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan skor rata-rata tes hasil belajar peserta didik sebesar 74,41 dan tes keterampilan proses sains sebesar 69,26, menunjukkan kemampuan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik masih kurang sehingga perlu dilakukan penelitian siklus lanjutan dan menghasilkan rata-rata tes hasil belajar peserta didik sebesar 79 dan tes keterampilan proses sains sebesar 76,32. Hasil tes hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains menunjukkan ketercapaian indikator dan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika dapat ditingkatkan melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan cara, guru membangkitkan motivasi awal melalui penampilan venomena sebagai pemicu untuk merumuskan masalah dan menjawabnya dalam bentuk hipotesis, pada kegiatan inti peserta didik bekerja secara kelompok mulai dari mengambil data, mengolah dan menyimpulkan, kemudian mendiskusikan dan memaparkan secara kelasikal untuk menarik kesimpulan dan di akhir pembelajaran diberikan evaluasi dan pesan-pesan moral terkait materi yang dipelajari. Kata kunci: pendekatan ilmiah, hasil belajar, keterampilan proses.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 07:11
Last Modified: 31 May 2018 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9125

Actions (login required)

View Item View Item